-->

Apa itu Command Center? Dan Beberapa Daerah Yang Sudah Memiliki Command Center

Akhir-akhir ini, sebagian dari kita sepertinya sering mendengar ataupun membaca berita yang mengangkat istilah command center. Setelah mendengar istilah tersebut, bikin penasaran juga kan ya? Tak ayal, jadi pengen tahu banget lah untuk menulusuri lebih mendalam tentang seperti apa command center itu. Biar nggak penasaran, simak penjelasan berikut ini:
Ternyata, command center ini bisa diterjemakan dalam Bahasa Indonesia menjadi Pusat Kendali. Pusat kendali dapat diwujudkan dalam sebuah ruangan yang menyediakan kendali/perintah, koordinasi dan pembuatan keputusan yang terpusat dalam merespon suatu kejadian penting.
Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang, turut memicu pemerintah untuk dapat menerapkan program smart city di kota-kota di Indonesia. Program smart city ini diklaim akan makin mempermudah kinerja aparat pemerintah kota di Indonesia agar cepat merespon dan memberikan pelayanan ke warganya.
Guna mewujudkan program tesebut, pemerintah pun berinisiatif untuk menyediakan pusat kendali tersebut di beberapa daerah, untuk mengumpulkan dan memproses informasi yang dibutuhkan agar dapat mengatur berbagai kejadian dan kesadaran situasional secara cepat dan efektif dengan berbasis digitalisasi.
Command center ini pun didesain secara terpusat di suatu ruangan yang biasanya dikemas secara futuristik dan dilengkapi dengan teknologi canggih, seluruh pengaduan dan keluhan masyarakat akan secara cepat masuk, ditampung dan ditindaklanjuti oleh Organisasi perangkat Daerah (OPD) terkait.  Integralistik pengolahan data dari setiap OPD, tertampung secara cepat di Command Center sebelum kembali didistribusikan.

Pemda mana sajakah yang telah memiliki command center dan telah menancapkan wilayahnya melangkah menjadi smart city. Di sini, kami merangkumkannya.  

1.       Kota Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada tanggal 26 Juli 2016, meresmikan ruang kendali darurat atau Command Center.  Bangunan ini pun menjadi salah satu kebanggan arek Suroboyo. 

Dengan teknologi canggih untuk memonitoring kondisi kota selama 24 jam, Command Center Kota Surabaya menjadi satu yang terbaik yang ada di Indonesia.

2.       Kota Manado


Melalui Cerdas Command Center (C3), Kota Manado mendapat apresiasi  cukup tinggi dari berbagai pihak. Disebut sebagai yang terlengkap di Indonesia, ruang pusat kendali atau Command Center Manado bersiap menjadi percontohan bagi daerah lain. 

3.       Kota Bandung


Pusat kendali Kota Bandung ini serupa  dikatakan seperti berada di kabin pesawat ruang angkasa canggih. Dinding ruangan command center yang melengkung dengan 84 layar datar terpasang serupa mata-mata yang mengawasi kota Bandung 24 jam tanpa henti. 
Dikatakan, terinspirasi  dan mengadopsi command center di Jepang dan Korea, BCC telah mempermudah dan mempercepat proses penanganan masalah masyarakatnya selama ini.

4.       Provinsi DI Yogyakarta


Integrated Development Manajemen Center (IDMC) Yogyakarta menyerupai command center Bandung. Walaupun tentunya ada perbedaan fungsi dikarenakan kewenangan antara Provinsi dan Kota. 

IDMC lebih diarahkan kepada perencanaan atau pengambilan keputusan, walaupun tentunya fungsi pemantauan situasi dan kondisi DIY terus terkoneksi dengan adanya CCTV di berbagai satuan kerja di bawahnya. IDMC dijadikan ruang sekaligus alat untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, akuntabel dan transparan.

5.       Kabupaten Malang

Dilaunching Rabu (28/02), Command Center Kabupaten Malang ini telah diujicoba secara langsung oleh Rendra Kresna, Bupati Malang  saat melakukan teleconfren dengan pemerintah desa di berbagai wilayah.

Command Center Kabupaten Malang ini juga akan terintegrasi dengan Command Center Polres Malang, selain dengan berbagai posko di OPD yang ada di Kabupaten Malang.

Sudah dapat dibayangkan kan sekarang tentang istilah Command Center. Cukup bangga juga ya ternyata  beberapa daerah di Indonesia juga sudah memiliki command center yang canggih dan kece. Dulu, mungkin kita bisa melihat itu hanya dalam film-film Hollywood dimana pengawasan kota cukup hanya dengan menatap layar komputer dan pengoperasiannya dilakukan oleh ahli-ahli teknologi komputer. Sementara untuk mengakses info kota, user/masyarakat cukup menggunakan komputer atau gadget yang terintegarsi ke internet. Bukan lagi hanya ada dalam setingan film, kini command center seperti di film-film Hollywood bisa kita jumpai keberadaanya secara riil. Semoga keberadaanya pun membawa keefektifan untuk merespon kejadian dan kesadaran situasional secara cepat dan efektif.

Semoga info istilah kali ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah perbendaharaan istilah-istilah baru Anda dalam di bidang TI.  

0 Response to "Apa itu Command Center? Dan Beberapa Daerah Yang Sudah Memiliki Command Center"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel