-->

Mengenal direktori Linux, lokasi direktori, dan cara berpindah direktori/folder menggunakan Terminal (pwd, cd)


Mengenal direktori Linux dan cara berpindah direktori menggunakan Terminal.

Perlu dipahami sebelumnya.. Belajar konsep dasar Terminal Command Line Interface di Linux

File-file itu digunakan untuk menyimpan data-data seperti teks, gambar ataupun program. Adapun direktori/folder itu digunakan untuk menyimpan file atau menyediakan struktur organisasi secara hirarki. Struktur ini tentu cukup berbeda seperti yang kita kenal biasanya dalam sistem operasi Windows.

Kalau di Windows, struktur direktori yang paling atas (top level) biasa disebut My Computer. Setiap perangkat fisik (hardisk, DVD, USB, Network, dll) ditampilkan di bawah My Computer yang biasa diberi simbol huruf seperti C: atau D:. Seperti ini skemanya kira-kira contohnya.





Nah, seperti Windows, direktorinya Linux pun juga punya top level, tapi tidak disebut My Computer, melainkan lebih disebut dengan direktori root dan diberi simbol dengan karakter  . Juga tidak ada drive di Linux; setiap perangkat fisik itu diakses melalui direktori, bukan drive. Contoh gambaran direktori Linux bisa dilihat sebagai berikut.



Note : Struktur direktori seperti ini disebut dengan filesystem oleh banyak pengguna Linux.


Untuk melihat filesystem di root, ketikkan ls /

GreenBox@INDO-SECURE:~$ ls /                                            
bin   dev  home  lib    media  opt   root  sbin     selinux  sys  usr  
boot  etc  init  lib64  mnt    proc  run   sbin???  srv   tmp  var

Perhatikan disitu bahwa ada banyak sekali direktori yang deskriptif termasuk /boot, yang mana berisi file-file untuk melakukan boot pada komputer.



Print Working Directory (pwd)

Untuk mengetahui lokasi anda saat ini di dalam filesystem, perintah  pwd  dapat anda gunakan. Perintah  pwd  mencetak direktori yang sedang berlangsung, lokasi anda terkini di dalam filesystem.

command [options...]


GreenBox@INDO-SECURE:~$ pwd
/home/GreenBox



Output dari perintah di atas menunjukkan bahwa si user saat ini berada di folder home, ditunjukkan pada filesystem di bawah ini.



Note : Direktori ditandai dengan warna biru. Pada prompt pertama di atas, tanda biru  ~  setara dengan   \home\GreenBox  yang mewakili direktori home pengguna.

GreenBox@INDO-SECURE:~$ 

Setelah mengubah direktori, lokasi baru juga dapat dikonfirmasi di prompt baru, tentunya juga ditampilkan dengan warna biru. Contohnya seperti di bawah ini.

GreenBox@INDO-SECURE:/etc/calendar$ 





Change Directory (cd)

File itu digunakan untuk menyimpan data seperti teks, grafik, dan program. Adapun direktori adalah tempat untuk digunakan menyimpan file, mereka menyediakan struktur yang hirarkis. Gambar di bawah ini menunjukkan contoh singkat struktur filesystem pada Linux.



Biasanya saat memulai membuka terminal, anda masuk sebagai  user  di direktori  home  anda, seperti di bawah ini contohnya :




Untuk menavigasi struktur filesystem, gunakan perintah  cd  (change directory) untuk pindah dari direktori ke direktori lainnya.

cd [options...] [path...]


Jika anda melihat kembali grafik di atas, anda akan melihat direktori Documents berada di dalam direktori Home, tempat anda berada. Untuk pindah ke direktori Documents, gunakan sebagai argumen setelah perintah  cd :

GreenBox@INDO-SECURE:~$ cd Documents
GreenBox@INDO-SECURE:~/Documents$ 


Direktori itu juga setara dengan folder yang ada di Windows dan Mac OS. Seperti sistem operasi yang lebih populer ini, struktur direktori Linux memiliki mtingkat teratas. Ini bukan lagi namanya My Computer lagi, akan tetapi direktori root dan diwakili oleh tanda  / . Untuk pindah ke direktori root, gunakan karakter  /  sebagai argument ke perintah  cd .


GreenBox@INDO-SECURE:~$ cd / 





Argument untuk perintah  cd  itu lebih dari sekedar nama sebuah direktori, tapi sebenarnya adalah sebuah path. Path adalah daftar direktori yang dipisahkan oleh tanda  / . Misalnya, /home/GreenBox  adalah path ke direktori home anda.





Jika anda membayangkan filesystem sebagai peta, maka path adalah petunjuk langkah demi langkah ke suatu direktori; hal itu dapat digunakan untuk menunjukkan lokasi dari setiap file di dalam filesystem. Ada dua jenis path: Absolute dan Relative. Absolute path dimulai dari root filesystem, adapun relative path dimulai dari lokasi anda saat ini.


Absolute Path

Absolute path ini memungkinkan anda untuk menentukan lokasi yang tepat dari suatu direktori. Itu selalu dimulai pada direktori root, oleh karena itu selalu dimulai dengan tanda  / . Contoh jalur direktori home si user  /home/GreenBox  juga adalah suatu absolute path. Path dimulai pada direktori root, pindah ke direktori home, dan kemudian masuk ke direktori GreenBox . Tidak jauh berbeda ketika kita menggunakan CLI, pada Graphical User Interface (GUI) bisa kita ibaratkan seperti ini contohnya:


Anda bisa gunakan path ini sebagai argument ke perintah  cd  untuk kembali ke direktori  home  untuk si user.

GreenBox@INDO-SECURE:/$ cd /home/GreenBox 
GreenBox@INDO-SECURE:~$ 



Tidak adanya ouput dari perintah tersebut itu artinya perintahnya berhasil dieksekusi. Kita lanjutkan dan konfirmasikan direktorinya menggunakan perintah  pwd :

GreenBox@INDO-SECURE:~$ pwd 
/home/GreenBox 

Dan oh ternyata berhasil pindah.



Relative Path

Relative path itu memberikan arah ke file yang bersifat relatif ada di lokasi anda saat ini di filesystem. Relative path tidak dimulai dengan karakter  /  , tapi langsung mulai dengan nama direktorinya. Coba lihat lagi contoh perintah  cd  yang pertama. Argumentnya adalah contoh relative path yang paling sederhana, yaitu nama sebuah direktori di lokasi anda saat ini.

GreenBox@INDO-SECURE:~$ cd Documents 
GreenBox@INDO-SECURE:~/Documents$





Gambar di bawah ini menunjukkan peta file yang terdapat dalam direktori  GreenBox . Anda saat ini berada di direktori  Documents  dan ingin pindah ke direktori  Art :



Relative path dimulai dari direktori anda saat ini, namun anda tidak perlu memasukkan pathnya. Langkah pertama adalah pindah ke direktori  School , dan kemudian pindah ke direktori  Art . Gunakan karakter  /  untuk memisahkan nama direktori yang ada di lokasi terkini dan direktori berikutnya. Jadi  School/Art  adalah relative path dari direktori  Documents  anda saat ini berada untuk menuju direktori  Art :



Gunakanlah relative path sebagai argument pada perintah  cd  untuk pindah ke direktori  Art .

GreenBox@INDO-SECURE:~/Documents$ cd School/Art 
GreenBox@INDO-SECURE:~/Documents/School/Art$ 


Lalu gunakan perintah  pwd  untuk mengonfirmasi dimana lokasi anda berada.

GreenBox@INDO-SECURE:~/Documents/School/Art$ pwd 
/home/GreenBox/Documents/School/Art 





Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih.





more info:www.netdevgroup.com
terminal online lab:www.webminal.org

0 Response to "Mengenal direktori Linux, lokasi direktori, dan cara berpindah direktori/folder menggunakan Terminal (pwd, cd)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel