-->

Cara konfigurasi IP Address di PC Windows 7 secara manual dan otomatis


Berikut adalah cara konfigurasi IP Address di PC Windows 7.
Ada juga Configure Host IP Addressing on PC Linux

Sebelumnya perlu kita ketahui juga bahwa penggunaan IP address itu adalah hal utama yang berperan untuk mengaktifkan perangkat untuk saling mencari satu sama lain serta membangun komunikasi satu sama lain di Internet. Untuk itu setiap perangkat pada suatu jaringan harus ada konfigurasi IP Address.

Struktur dari alamat IPv4 disebut juga notasi desimal bertitik dan ditunjukkan dengan 4 nomor desimal antara 0 sampai 255. Alamat-alamat IPv4 biasa dipasang di perangkat-perangkat individual yang terhubung ke suatu jaringan. Nanti akan kita bahas secara mendalam tentang materi IP Address di waktu yang akan datang.

Perangkat-perangkat yang memerlukan IP Address di antaranya sebagai berikut :
  • Komputer (workstation, laptop, server)
  • Printer Network
  • VoIP Phone
  • Kamera Keamanan
  • Smartphone
  • Perangkat Mobile Handheld (contohnya wireless barcode scanner)



Cara konfigurasi IP Address secara manual

  • Pertama-tama buka Control Panel > Network Sharing Center > Change adapter settings. Lalu pilih adapternya. Kemudian klik kanan dan pilih Properties untuk menampilkan Local Area Connection Properties seperti yang tertera pada gambar.
  • Setelah itu, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties untuk membuka window Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties seperti di gambar di bawah ini. 
  • Kemudian pilih opsi Use the following IP address untuk bisa mengisi sendiri IPnya pada tempat yang tersedia. isi IPv4 Address dan Subnet Masknya dan juga default gatewaynya. Terakhir tinggal klik OK dan selesai.



Cara konfigurasi IP Address secara otomatis


PC biasanya secara default menggunakan DHCP untuk mendapatkan konfigurasi IPv4 Address secara otomatis. DHCP sendiri adalah teknologi yang digunakan hampir pada setiap seluruh jaringan.

Pada suatu jaringan, DHCP itu mengaktifkan konfigurasi otomatis alamat IPv4 untuk setiap perangkat yang DHCPnya telah diaktifkan. Anda bisa bayangkan berapa banyak waktu yang dihabiskan apabila setiap kita terhubung ke jaringan, kita harus memasukkan alamat IPv4, subnet mask, default gateway, dan DNS server secara manual. Tentu itu benar-benar memakan waktu. Konfigurasi manual pun juga menambah persentase kesalahan konfigurasi yang mungkin dengan menduplikat alamat IPv4 yang ada di perangkat lainnya.


Cara konfigurasinya tidak jauh berbeda, hanya ada sedikit perbedaan pada suatu opsinya.
  • Pertama-tama buka Control Panel > Network Sharing Center > Change adapter settings. Lalu pilih adapternya. Kemudian klik kanan dan pilih Properties untuk menampilkan Local Area Connection Properties seperti yang tertera pada gambar.


  • Setelah itu, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties untuk membuka window Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties seperti di gambar di bawah ini.
  • Kemudian pilih opsi Obtain an IP address automatically untuk bisa mendapatkan IP Address secara otomatis dari DHCP. Terakhir tinggal klik OK dan selesai.


Untuk mengecek dengan menampilkan konfigurasi IP pada PC Windows bisa dengan perintah ipconfig dengan menggunakan command prompt. Nanti akan muncul disitu beberapa informasi di antaranya; IPv4 Address, subnet mask, dan default gateway.



Ada juga Configure Host IP Addressing on PC Linux


Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih.



Pelajaran sebelumnya.. Cisco IOS Basic Configuration

Pelajaran berikutnya.. Verifying Connectivity on PC Windows 7



source:www.netacad.com

0 Response to "Cara konfigurasi IP Address di PC Windows 7 secara manual dan otomatis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel