-->

Cara mengcapture konfigurasi dalam bentuk file teks menggunakan Minicom (Logging)


Berikut adalah cara mengcapture konfigurasi dalam bentuk file teks menggunakan Minicom.
Perlu dipahami sebelumnya.. Cara bisa mengakses Cisco IOS

Ketika kita mengonfigurasi perangkat Cisco ada kalanya kita ingin mencatat semua konfigurasi kita atau mendokumentasikan seluruh konfigurasi yang kita buat tanpa harus melakukannya dengan copy & paste. Jadi ketika kita mengonfigurasi perangkat, semua yang kita konfigurasi dengan otomatis akan tersimpan dalam bentuk teks dokumen.


Perlu diketahui bahwasannya Minicom ini lebih umum dipakai pada Sistem Operasi Linux. Sangat jarang sekali atau bahkan tidak ada kita temui software ini pada Sistem Operasi Windows.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, buat dahulu file teksnya, kosong saja tanpa isi. Lalu simpan file teks tersebut.
  • Lalu buka terminal, ketikkan dengan format " sudo minicom -C <direktori/namafile.ext> " untuk membuka minicom sekaligus menggunakan file teks yang telah dibuat sebelumnya untuk mengcapture konfigurasi yang akan dilakukan.




  • Setelah itu anda bisa langsung mengonfigurasi perangkatnya dan teks file capturenya sudah otomatis akan tersimpan pada direktori yang telah ditentukan ketika membuat file teks tersebut sebelumnya.


Mungkin bagi sebagian orang yang kurang familiar dengan Sistem Operasi Linux akan menganggap hal ini agak sedikit ribet. Namun bagi penulis pribadi lebih suka menggunakan Minicom dengan alasan lebih simple karena langsung teritegrasi dengan command line pada linux itu sendiri.







Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih







0 Response to "Cara mengcapture konfigurasi dalam bentuk file teks menggunakan Minicom (Logging)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel