-->

Cara bisa mengakses Cisco IOS


Cara akses Cisco IOS bisa menggunakan tiga cara yaitu melalui console, SSH, dan telnet. Program-program yang umumnya dipakai adalah PuTTY, Tera Term, SecureCRT, Minicom, dan lain-lainnya.



Metode Akses

Cisco IOS pada suatu switch bisa diimplementasikan dengan tanpa konfigurasi sama sekali dan masih bisa bertukar data antar perangkat pengguna yang terhubung. Dengan menghubungkan dua PC ke suatu switch, maka kedua PC tersebut secara otomatis sudah dapat terkoneksi dan bertukar data satu sama lain.

Meski demikian mengkonfigurasi pengaturan internal Cisco IOS lebih disarankan. Ada beberapa cara untuk mengakses CLI dan mengonfigurasi perangkat :

  • Console  -  Ini adalah manajemen fisik port yang menyediakan akses out-of-band ke perangkat Cisco. Out-of-band berarti menggunakan media manajemen khusus yang biasanya hanya digunakan dalam rangka maintenance perangkat. Jadi, untungnya menggunakan cara ini adalah kita tidak memerlukan layanan jaringan yang telah terkonfigurasi alias offline.
  • Secure Shell (SSH)  -  SSH adalah suatu metode untuk terhubung ke koneksi CLI dengan "aman" melalui virtual interface antar jaringan. Tidak seperti koneksi console, SSH memerlukan layanan jaringan yang aktif di perangkat termasuk pula interface yang aktif yang telah dikonfigurasi dengan address. Sebaliknya dengan console, ini dikenal juga sebagai koneksi In-band.
  • Telnet  -  Telnet adalah metode yang "kurang aman" dalam melakukan koneksi CLI melalui virtual interface antar jaringan. Tidak seperti SSH, telnet tidak menyediakan koneksi yang terenkripsi secara aman. Otentikasi pengguna, password-password, dan perintah-perintahnya semua ditransmisikan antar jaringan hanya dalam bentuk plaintext.

Note : Beberapa perangkat, seperti router-router, mungkin bisa support ke Auxiliary Port yang bisa juga dipakai untuk mengakses CLI secara remote melalui modem. Mirip dengan koneksi menggunakan console, port AUX itu juga bersifat out-of-band dan tidak memerlukan layanan jaringan yang telah terkonfigurasi.




Terminal Emulation Programs

Ada beberapa terminal emulation program yang bagus untuk koneksi ke perangkat jaringan, bisa dengan cara menggunakan koneksi serial ke port console ataupun menggunakan SSH/Telnet.
Beberapa di antaranya adalah :



  • PuTTY
Ingin coba? Bisa kunjungi link ini https://putty.org/
























  • Tera Term
Ingin coba? Bisa kunjungi link ini https://tera-term.en.lo4d.com/


  • SecureCRT























  • Minicom
Apabila ingin mencoba Minicom, biasanya anda perlu menggunakan Sistem Operasi Linux.
Sebagai contoh pada Linux Ubuntu, cara memasangnya adalah hanya dengan perintah sudo apt install minicom  di terminal.


















Kira-kira seperti itu, masih ada lagi program-program lainnya juga yang mungkin anda sukai. Namun umumnya orang-orang menggunakan program-program di atas.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih.


Pelajaran sebelumnya.. Operating System of Cisco IOS

Pelajaran berikutnya.. Cisco IOS Basic Concept



0 Response to "Cara bisa mengakses Cisco IOS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel