-->

Mengenal Istilah: PAN, LAN, MAN dan WAN




Masih awam dengan 4 istilah tersebut? Bisa jadi demikian, karena istilah-istilah PAN, LAN, MAN dan WAN adalah istilah-istilah yang digunakan dalam bidang teknologi informasi, khususnya bidang jaringan. Namun, di era yang sudah serba canggih seperti sekarang, sepertinya teknologi sangatlah berperan penting membuat transformasi tersebut. Apalagi di era yang serba terhubung seperti sekarang ini, bisa dibayangkan bahwa hampir setiap orang terhubung ke perangkat; baik itu laptop/PC maupun gawai/gadget.  

Nah dikarenakan kebutuhan pun semakin kompleks, maka perangkat-perangkat tersebut kini tentunya tidak lagi berdiri sendiri, melainkan perlu untuk terhubung dengan perangkat-perangkat lainnya. Misalkan saja ketika sebuah laptop atau komputer yang tadi-nya berdiri sendiri (stand alone), kemudian kita pasang USB Modem sehingga terhubunglah ke internet. Alhasil, penggabungan dua perangkat yang dirangkai sedemikian rupa agar dapat saling terhubung satu sama lain inilah yang ternyata disebut jaringan komputer. 

Di era yang dinamis seperti saat ini, kita pun dituntut tidak hanya bertindak sebagai pengguna teknologi saja, baiknya kita pun perlu tahu hal-hal terbaru seputar teknologi, agar tak gagap teknologi, yang membuat kita dapat tertinggal jauh ke belakang. Oleh karenanya, untuk memahami istilah PAN, LAN, MAN dan WAN, yuk simak ulasannya berikut ini:



1.   PAN (Personal Area Network)


Personal Area Network adalah Jaringan komputer atau titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, telepon, televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal ataupun perangkat komunikasi publik seperti internet. Kontrol PAN dilakukan dengan authoritas pribadi. Data yang ditransmisikan oleh PAN bersifat khas dan personal karena digunakan untuk keperluan pribadi. Teknologi dan protokol yang digunakan PAN diantaranya adalah Wifi, Wireless Application Protocol (WAP), Bluetooth, Infrared, dan lain-lain.




2.    LAN (Local Area Network)


Sedangkan, jaringan komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi yang masih dalam satu area disebut LAN.
LAN membolehakan pengguna mengkongsikan sumber komputer atau berbagi sumberdaya (resource sharing).




3. MAN (Metropolitan Area Network)


MAN adalah versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor- kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
MAN menghubungkan antara jaringan area lokal yang telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio, atau laser link infra-merah. 
Ternyata, ATM (Asynchronous Transfer Mode) ini adalah salah satu contoh teknologi yang menggunakan jaringan MAN.




4.    4.  WAN (Wide Area Network)


Ada satu lagi jaringan komputer yang lain, yaitu WAN. Dari namanya, kita mungkin sudah bisa memperkirakan bahwasanya jangkauan jaringan yang dalam naungannya pasti lebih luas. Yah, ternyata memang demikian. Dikatakan bahwasanya, WAN (wide area network ) merupakan jaringan komputer dengan jangkauan area geografis yang paling luas, bisa mencakup sebuah negara bahkan benua untuk mengaksesnya. Contoh dalam jaringan WAN adalah internet. 

Dengan ulasan di atas yang lumayan cukup panjang, semoga dapat memberikan gambaran terkait jaringan komputer. Yang ternyata, jaringan komputer itu bervariasi dan dikategorikan berdasarkan wilayah jangkauannya. Semoga paparan yang ada dapat bermanfaat untuk menambah wawasan perkembangan bidang IT dan memahami istilah-istilah di bidang IT, terutama jenis-jenis jaringan komputer. Dengan demikian kita pun jadi tak awam lagi, ketika kita menemukan maupun mendengarkan istilah PAN, LAN, MAN dan WAN, yang mana merupakan istilah dari jenis-jenis jaringan komputer. 

We keep moving forward, opening new doors and doing new things, because we're curious and curiosity keeps leading us down new paths - Walt Disney - 

0 Response to " Mengenal Istilah: PAN, LAN, MAN dan WAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel