-->

Kira-kira apa ya hubungannya Shell, Kernel, dan Hardware pada Sistem Operasi?


Konsep yang berkaitan dengan shell, kernel, dan hardware pada suatu sistem operasi.

Semua perangkat pengguna dan perangkat jaringan pun memerlukan sistem operasi. Bagaimana tidak? Hal ini agar kita bisa menggunakan fungsi-fungsi di dalamnya. Seperti yang ditunjukkan pada gambar , bagian dari OS yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras dikenal sebagai "kernel". Adapun bagian yang berinteraksi dengan aplikasi dan pengguna disebut "shell". Pengguna dapat berinteraksi dengan shell menggunakan Command Line Interface (CLI) atau bisa juga menggunakan Graphical User Interface (GUI).

Operating System



Ketika menggunakan CLI, pengguna berinteraksi langsung dengan sistem dalam yang berbasis teks dengan memasukkan perintah pada keyboard pada prompt. Sistem akan mengeksekusi perintah, seringnya memberikan output bersifat teks. CLI hanya membutuhkan ukuran yang kecil untuk beroperasi. Namun, itu memang mengharuskan pengguna memiliki pengetahuan tentang struktur yang mendasari dalam pengontrolan sistem.

Command Line Interface





Adapun GUI, seperti Windows, OS X, Apple iOS, atau Android memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem menggunakan graphical icon, menu, dan window. GUI itu lebih mudah digunakan dan hanya membutuhkan pengetahuan yang relatif lebih sedikit tentang struktur perintah dalam mengontrol sistem. Maka dari itu, banyak orang yang lebih suka menggunakan GUI.

Graphical User Interface

Namun, GUI mungkin juga tidak selalu dapat menyediakan semua fitur yang tersedia di CLI. GUI juga bisa lebih sering didapati adanya failed, crash, atau tidak beroperasi seperti yang ditentukan. Untuk alasan ini, maka perangkat jaringan biasanya diakses menggunakan CLI. CLI hanya menggunakan sedikit resource dan sangat stabil juga bila dibandingkan dengan GUI.

Sistem operasi jaringan yang digunakan pada perangkat Cisco disebut Cisco Internetwork Operating System (IOS). Cisco IOS digunakan untuk sebagian besar perangkat Cisco terlepas dari jenis atau ukuran perangkat.

Note : Sistem operasi pada router rumahan biasanya disebut firmware. Metode yang paling umum untuk mengkonfigurasi router rumahan adalah dengan mengunakan GUI berbasis web browser.




Fitur-fitur yang ada pada Sistem Operasi

Sistem operasi pada perangkat jaringan itu sebetulnya mirip dengan sistem operasi di PC. Melalui GUI; sistem operasi di PC memiliki fitur-fitur sebagai berikut :

  • Menggunakan mouse untuk menentukan pilihan dan menjalankan program
  • Memasukkan teks dan perintah berbasis teks
  • Melihat output pada monitor


Adapun fitur-fitur sistem operasi pada perangkat jaringan yang menggunakan CLI seperti Cisco IOS pada switch atau router :
  • Menggunakan keyboard untuk menjalankan program jaringan berbasis CLI
  • Menggunakan keyboard untuk memasukkan teks dan perintah berbasis teks
  • Melihat output pada monitor

Perangkat jaringan Cisco itu menjalankan versi khusus pada Cisco IOS. Versi Cisco IOS itu bergantung juga pada tipe perangkat yang dipakai dan memerlukan fitur-fitur tertentu. Ketika semua perangkat berada pada versi IOS default dan fitur-fitur nya telah tersetting, maka hal itu memungkinkan pula untuk diupgrade versi IOS nya atau dipasang fitur tambahan agar memiliki kemampuan lebih.







Nah, sudah mulai jelas kan sekarang?
Antara GUI dan CLI manakah yang lebih anda sukai?
Kalau penulis sendiri lebih suka CLI walaupun terasa sulit mempelajarinya di awal mula. Tetapi kalau kita terus coba dan terbiasa, nanti akan terasa mudah.


Baik, sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih.


Pelajaran sebelumnya.. Reliable Network

Pelajaran berikutnya.. Cisco IOS Access




source:www.netacad.com




0 Response to "Kira-kira apa ya hubungannya Shell, Kernel, dan Hardware pada Sistem Operasi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel