-->

Apa itu Software-Defined Network (SDN)? Pengen tahu, wajib dech kita mencari tahu.



Selesai baca artikel dunia IT hari ini, ketemu lagi nech istilah ilmu jaringan yang belum pernah aku tahu sebelumnya, yaitu istilah 'Software-Defined Network/SDN'. Yuk, simak hasil penelusuran di bawah ini, untuk bisa memahaminya. 

Telisik punya telisik selama hasil penelusuran, diketahui bahwa SDN / Sofware-Defined Network adalah istilah yang merujuk pada konsep/paradigma baru dalam mendesain, mengelola dan mengimplementasikan jaringan terutama guna mendukung kebutuhan dan inovasi di bidang ini yang semakin lama semakin kompleks. Arsitektur SDN ini melakukan pemisahan eksplisit antara control dan forwarding plane, serta kemudian melakukan abstraksi sistem dan mengisolasi komplektsitas yang ada pada komponen atau sub-sistem dengan mendefinisikan antar-muka (interface) yang standard. Protoko OpenFlow adalah elemen dasar dasar untuk membangun solusi SDN. 

Beberapa Aspek Penting dari SDN: 
1. Adanya pemisahan secara spesifik/eksplisit antara fowarding/data-plane dan control-plane. 
2. Antarmuka standard (vendor-agnosic) untuk memprogram perangkat jaringan
3. Control plane yang terpusat (secara logika) atau adanya sistem operasi jaringan yang mampu membentuk peta logika (logical map) dari seluruh jaringan dan kemudian mempresentasikannya melalui API (Application Programming Interface). 
4. Virtualisasi dimana beberapa sistem operasi jaringan yang dapat mengontrol bagian-bagian (slices atau substrates) dari perangkat yang sama. 

Arsitektur SDN
Dalam konsep SDN, tersedia open interface yang memungkinkan sebuah entitas software/aplikasi untuk mengendalikan konektivitas yang disediakan oleh sejumlah sumber daya jaringan, mengendalikan aliran trafik yang melewatinya serta melakukan inpeksi terhadap atau memodifikasi trafik tersebut.

Gambar berikut menunjukkan arsitektur SDN beserta kompone dan interaksinya. 

Arsitektur SDN dapat dilihat sebagai 3 lapisan/bidang: 
  • Infrastruktur (data-plande/ infrastruktur layer) terdiri dari elemen jaringan yang dapat mengatur SDN Datapath sesuai dengan intruksi yang diberikan Control-Data-Plance Interface (CDPI)
  • Kontrol (control plane/layer): entitas kontrol (SDN Controller) mentranslasikan kebutuhan aplikasi dengan infrastruktur dengan memberikan intruksi yang sesuai untuk SDN Datapath serta memberikan informasi yang relevan dan dibutuhkan oleh SDN Application. 
  • Aplikasi (Application plane/layer): berada pada lapis teratas, berkomunikasi dengan sistem via NorthBound Interface (NBI)
Bidang Management & Admin bertanggung jawab terhadap inisiasi elemen jaringan, memasangkan SDN Datapath dengan SDN Controller, atau mengkonfigurasikan cakupan (coverage) dari SDN Controller dan SDN App. 

Kemudian, muncullar pertanyaan selanjutnya 'Mengapa muncul istilah SDN ?'
Faktanya adalah karena kebutuhan inovasi untuk bidang jaringan yang semakin kompleks. 
Termasuk diantaranya adalah fakta-fakta dan kebutuhan berikut:
1. Virtualisasi dan Cloud: Komponen dan entitas jaringan hybrid - antara fisik bar metal dan yang virtual 
2. Orchestra dan Scalability: Kemampuan untuk mengatur dan mengelola ribuan perangkat melalui sebuah point of management
3. Programmbility dan Automation: Kemampuan untuk mengubah behaviour (perilaku) jaringan serta untuk dapat melakukan perubahan tersebut secara otomatis (sebagai contoh adalah kemampuan troubleshooting perubahan kebijakan dan lain-lain) 
4. Visibilitas: Kemampuan untuk dapat memonitor jaringan baik dari sisi sumber daya, konektivitas dan lain-lain. 
5. Kinerja: Kemampuan untuk memaksimalkan penggunaan perangkat kinerja jaringan, misalnya optimasi bandwidth, load balancing, traffic engineering dan lain-lain (berhubungan dengan Programmability dan Scalability)

Revolusi SDN Memulai Semua Ini
ONF, yang memulai gerakan SDN, telah memiliki sejumlah keberhasilan yang penting. 
CORD memanfaatkan kerja dari SDN, OpenFlow, ONOS, dan memadukan teknologi Cloud dan NFV untuk menciptakan apa yang sekarang menjadi solusi paling handal untuk mengubah jaringan operator edge. 


Semoga info kali ini bermanfaat, untuk menambah ilmu pengetahuan dalam bidang jaringan. 

Sources: SDN Architecture Overview
              https://www.opennetworking.org/sdn-definition/

Cari Tahu Apa Yang Ingin Anda Tahu - Galih -

0 Response to "Apa itu Software-Defined Network (SDN)? Pengen tahu, wajib dech kita mencari tahu."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel