-->

Inilah 20 Pekerjaan Bidang TI Yang Menjanjikan Yang Jadi Targetan Para Profesional TI


Profesi di bidang teknologi informasi (TI) kini memang tengah banyak peminatnya seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kebutuhan akan pekerja ahli TI semakin banyak. Apalagi, tawaran gaji yang ditawarkan pun sangat menjanjikan bagi para profesional TI, sehingga profesi tersebut kini menjadi incaran.

Profesi di bidang TI dengan gaji tertingi pun mengharuskan para praktisi yang bersertifikat dalam bidang IoT, converged infrastructure, cloud and banyak lagi, seperti yang disebutkan dalam hasil studi IDC/Cisco, dilansir dari halaman networkworld.com.

Oleh karenanya, timbullah pertanyaan dalam diri, kira-kira profesi apa yang selanjutnya yang akan menjadi incaran para profesional TI? Apakah menjadi seorang ahli manajemen keamanan atau ahli manajemen perubahan?

Fenomena-fenomena yang berkembang, seperti perangkat yang terhubung ke jaringan, adopsi layanan cloud dan peningkatan besar-besaran ancaman keamanan pun menjadi faktor-faktor perekrutan akan kebutuhan profesional TI di lingkungan perusahaan saat ini, menurut survei yang dirilis oleh para peneliti IDC dan disponsori oleh Cisco yang menelusuri jenis-jenis profesi TI yang menjanjikan di masa depan.

Terlepas dari peran utama teknologi dan para tenaga kerja TI di era digital ini,  posisi-posisi khusus di bidang TI akan ada menonjol diantara posisi lainnya dikarenakan kebutuhan dan peluang yang sedang berkembang.  Tidak semua posisi-posisi di bidang TI itu kebutuhannya akan sama di masa depan, seperti yang dilansir dari tulisan seorang analisis intelijen, Mark Leary dari Cisco Services dalam konten blog terbarunya.

Selain itu Mark Leary juga menyatakan, ada banyak bukti yang mengungkapkan bahwa perusahaan saat ini menyakini bahwa transfromasi digital itu bukan lagi  didorong oleh teknologi-teknologi baru saja.

Ada beberapa hal yang diungkapkan dalam survei tersebut yang meliputi:

1. Jumlah posisi di beberapa bagian akan berkurang dan beberapa profesi yang lainnya akan tumbuh. Secara keseluruhan, TI akan menambahkan lebih dari 4 juta pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan (memiliki nilai nominal gaji di atas gaji rata-rata dari semua pekerjaan).

2. Ada beberapa posisi dalam bidang TI yang akan berkurang kebutuhannya dan hanya beberapa posisi saja yang berkurang. Namun, ada beberapa posisi TI lainnya yang mengalami pertumbuhan akibat pertumbuhan kebutuhan yang tinggi dan ada banyak posisi baru.

3. Beberapa peran dari profesi-profesi TI ini ada yang sulit di isi dikarenakan karena kurangnya tenaga profesional yang tersedia untuk posisi tersebut.

4. Keterampilan yang tinggi dibutuhkan untuk menghandel critical technology intersectionscybersecurity, cloud, data analytics, IoT dan converged infrastructure.

5.  Perusahan-perusahaan IT sedang mengembangkan dan memperkerjakan orang untuk mengisi posisi-posisi penting. Posisi-posisi IT juga mempresentasikan TI di masa depan karena perusahaan tersebut akan menambah lebih dari 5 juta posisi (naik sebesar 36%) di seluruh dunia sebelum tahun 2027.

6. Agar bersiap untuk menduduki salah satu posisi-posisi penting, profesional TI seharusnya meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti sertifikasi-sertifikasi dalam bidang-bidang yang sedang di cari perusahaan.

7. Strategi untuk dapat mempekerjakan orang yang berbakat untuk perusahaan secara global agar dapat berkembang bersama-sama 'grow from within'.

8. 71% dari manager HRD mengatakan lebih menekankan perekruitan dengan aspek-aspek antara lain pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan pelamar dengan sertifikasi TI.

Inilah 20 posisi dari hasil riset IDC yang akan meningkat lebih dari 5 juta posisi di seluruh dunia pada tahun 2027, antara lainnya:

1. Security Management Specialist
2. Network Engineer/Architect
3. Cyber/Information Security Engineer/Analyst
4. IoT Designer/Developer/Engineer
5. Business Intelligence Architect/Developer
6. Software Developer/Engineer
7. Machine Learning Designer/Developer/Engineer
8. Data Engineer
9. Transformation Consultant
10. Business Intelligence Analyst
11. Change Management
12. Mobile Application Developer
13. Web Developer
14. Network/System Administrator
15. System Analyst
16. Database Architect
17. Data Scientist
18. Computer Support Specialist
19. Social Media Tech Manager/Administrator
20. UI/UX Designer/Developer

Dari daftar di atas, which one is yours? Posisi mana yang kira-kira jadi incaran kamu untuk berkarier ? Tentunya, banyak pertimbangan untuk memilih salah satu dari daftar tersebut.

Semoga info kali ini bermanfaat sebagai pemicu Anda untuk terus asah kemampuan diri agar dapat membangun karir dan memilih posisi-posisi di bidang TI yang Anda impikan untuk masa depan.

Good Luck with Your Choice.

0 Response to "Inilah 20 Pekerjaan Bidang TI Yang Menjanjikan Yang Jadi Targetan Para Profesional TI "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel