-->

Belajar konsep dasar Cisco IOS


Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mulai dari yang sederhana terlebih dahulu. Yaitu kita perlu belajar konsep dasar-dasarnya. Dengan belajar konsep dasar Cisco IOS, nantinya akan lebih mudah dalam mempelajari konfigurasi-konfigurasi perangkatnya.


Primary Command Modes

Nah, disini ada beberapa mode pada CLI prompt di Cisco IOS sebagai fitur keamanan maka ada dua mode untuk manajemen akses yang berbeda :
  • User EXEC Mode  -  Mode ini hanya memiliki kemampuan yang terbatas namun cukup berguna untuk operasi dasar seperti perintah basic monitoring saja tetapi tidak bisa mengeksekusi perintah apapun yang bisa merubah konfigurasi perangkat. Mode ini bisa disebut juga "view-only" mode. Mode ini ditandai dengan simbol ">" di prompt.
              Router>             

              Switch>             

  • Privileged EXEC Mode  -  Untuk mengeksekusi perintah konfigurasi, seorang network administrator setidaknya harus mengakses mode ini terlebih dahulu. Pengguna bisa menggunakan perintah monitoring dan mengeksekusi konfigurasi dan juga perintah manajemen. Adapun mode konfigurasi yang lebih tinggi, seperti global configuration mode, hanya bisa diakses melalui privileged EXEC mode terlebih dahulu. Mode ini ditandai dengan simbol "#" di prompt.
              Router#              

              Switch#              




Configuration Command Modes

Untuk mengonfigurasi perangkat, pengguna musti masuk ke Global Configration Mode dulu, atau yang biasa dikenal dengan global config mode.

Dari global config mode, perubahan pada konfigurasi CLI yang dibuat akan berdampak pada seluruh operasi perangkat. Global config mode ditandai dengan prompt yang diakhiri dengan "(config)#" setelah nama perangkat, seperti "Switch(config)#".

              Router(config)#              

              Switch(config)#              



Global configuration mode diakses sebelum memasuki mode konfigurasi lain yang lebih spesifik. Dari global config mode, pengguna dapat memasukkan sub-configuration mode yang berbeda. Setiap mode ini berfungsi untuk mengonfigurasi bagian tertentu dari perangkat Cisco IOS. Dua sub-configuration mode yang biasa kita kenal termasuk :

  • Line Configuration Mode  -  Digunakan untuk mengonfigurasi console, SSH, Telnet, atau AUX.
              Router(config-line)#              

              Switch(config-line)#              

  • Interface Configuration Mode  -  Digunakan untuk mengonfigurasi sebuah port switch atau network interface router.
              Router(config-if)#              

              Switch(config-if)#              




Navigate Between IOS Modes

Banyak variasi perintah yang digunakan untuk keluar masuk command prompt. Untuk pindah dari user EXEC mode ke privileged EXEC mode, gunakan perintah enable. Gunakan disable di privileged EXEC mode untuk kembali ke user EXEC mode.

Note : Privileged EXEC mode terkadang disebut juga sebagai enable mode.

              Router>enable              
              Router#                        
              Router#disable             
              Router>                        


Untuk pindah keluar masuk global configuration mode, gunakan perintah configure terminal di privileged EXEC mode. Untuk kembali ke mode sebelumnya, masukkan perintah exit di global config mode.
              Router#configure terminal                        
              Router(config)#                                        
              Router(config)#exit                                  
              Router#                                                     


Ada banyak sekali sub-configuration mode yang berbeda. Sebagai contoh, untuk masuk ke line sub-configuration mode, kita bisa gunakan perintah line yang diikuti dengan tipe dan angka line yang ingin kita atur. Untuk keluar dari mode tersebut dan kembali ke global config mode, gunakan perintah exit. Intinya, untuk kembali ke satu mode sebelumnya secara hirarkis, cukup gunakan perintah exit.
              Router(config)#line console 0                        
              Router(config-line)#                                       
              Router(config-line)#exit                                 
              Router(config)#                                              



Untuk pindah langsung dari sub-configuration mode ke privileged EXEC mode, masukkan perintah end atau gunakan kombinasi tombol Ctrl+Z.
              Router(config-line)#end                        
              Router#                                                  



Dan juga, untuk pindah langsung dari satu sub-configuration mode ke sub-configuration mode lainnya. Cukup langsung saja masukkan perintah untuk masuk ke sub-configuration mode yang dituju. Perhatikan juga bagaimana promptnya berubah semisal dari (config-line)# langsung ke (config-if)# tanpa harus kembali ke global config mode terlebih dahulu.
              Router(config-line)#interface FastEthernet 0/1                        
              Router(config-if)#                                                                     



Basic IOS Command Structure

Sebuah perangkat Cisco IOS itu support banyak perintah. Setiap perintah memiliki format khusus dan hanya bisa dieksekusi dengan cara yang sesuai. Syntax yang umum untuk suatu perintah adalah perintah yang diikuti dengan berbagai keyword dan argument yang sesuai.

  • Keyword  -  Didefinisikan sebagai suatu parameter spesifik pada operating system.
  • Argument  -  Tidak bisa didefinisikan secara spesifik; intinya suatu nilai (value) atau variable yang diberikan oleh pengguna. (seperti, 192.168.10.5)
Setelah memasukkan semua perintahnya dengan benar, termasuk keyword dan argumen, lalu tekan enter untuk mensubmit perintahnya.




Cisco IOS Help Features

Cisco IOS memiliki dua bentuk help :

  • Context-Sensitive help
  • Command Syntax Check

Context-sensitive help berguna untuk mencari perintah-perintah mana yang ada di setiap command mode, baik itu berupa karakter khusus, keyword ataupun argument yang ada. Caranya mudah hanya dengan menggunakan tanda tanya ? di CLI.

Command syntax check berguna untuk memverfikasi apakah perintah yang dimasukkan pengguna adalah valid atau tidak. Caranya tidak jauh berbeda yaitu hanya dengan menggunakan tanda tanya ? namun perbedaanya adalah kalau ini digunakan ketika kita tengah mengetik bagian dari suatu perintah lalu kita masukkan tanda tanya tersebut untuk mengecek apakah kata yang tengah kita masukkan tersebut ada dalam daftar perintah yang valid di mode tersebut atau tidak.

Ketika perintah dimasukkan, command line interpreter melakukan pengecekan dari kiri ke kanan. Apabila interpreternya memahami perintah yang dimasukkan, maka action yang kita request akan tereksekusi, dan CLI kembali ke prompt seperti biasa. Namun, apabila interpreternya tidak bisa memahami perintah yang dimasukkan, maka akan keluar feedback yang mendeskripsikan hal apa yang salah pada perintah yang dimasukkan.




Hotkeys and Shorcuts

Agar memudahkan penggunanya, Cisco IOS juga menyediakan hotkey dan shortcut.

Salah satunya adalah suatu perintah itu sebetulnya bisa diperpendek sampai titik berbeda dari perintah lainnya. Contohnya, perintah configure itu bisa diperpendek jadi conf karena configure itu perintah yang hanya dimulai dengan conf. Adapun yang lebih pendek seperti con itu tidak bisa karena ada perintah lain yang juga dimulai dengan con. Begitu juga keyword pun bisa diperpendek.

Tentunya ada banyak sekali hotkey dan shortcut pada Cisco IOS, namun saya disini akan sebutkan beberapa saja yang sekiranya begitu penting.

a) CLI Line Editting
Kita bisa menggunakan tombol Tab untuk menyelesaikan perintah yang tengah kita ketik.


b) At the "------More------" prompt
Ketika pada mode tersebut yang biasanya muncul ketika kita menggunakan perintah show, maka untuk melihat ke bagian selanjutnya ada berbagai cara di antaranya kita bisa menggunakan tombol enter untuk menampilkan baris berikutnya.

Lalu tombol space untuk menampilkan halaman/screen berikutnya, nah adapun tombol-tombol lainnya selain tombol di atas untuk berhenti menampilkan hasil dari show tadi lalu kembali ke prompt.


c) Break Keys
Dalam configuration mode apapun, tombol Ctrl+C itu berfungsi untuk kembali ke mode sebelumnya. Adapun dalam setup mode, maka itu bisa juga berfungsi untuk kembali ke prompt.

Sama juga dalam configuration mode apapun, kita juga bisa menggunakan tombol Ctrl+Z untuk mengakhiri mode dan kembali ke mode sebelumnya.

Nah kalau yang satu ini aga sedikit ribet namun punya fungsi yang penting, yaitu tombol Ctrl+Shift+6 ini memiliki fungsi untuk menghentikan semua proses. Seperti menghentikan proses DNS lookup, traceroute, dan juga ping.



Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih.


Pelajaran sebelumnya..  Cisco IOS Access

Pelajaran berikutnya..  Cisco IOS Basic Configuration



source:www.netacad.com

0 Response to "Belajar konsep dasar Cisco IOS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel