-->

Bagaimana kita bisa mengakses Internet?



Konsep Teknologi Akses Internet pada jaringan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kita mencoba untuk terkoneksi ke Internet, maka disitu tentu bermacam-macam media yang digunakan agar bisa terhubung, mau itu di rumah, di kantor, ataupun di perusahaan.



Internet Access Technologies

Ada banyak cara-cara berbeda untuk menghubungkan para pengguna dan perusahaan-perusahaan ke Internet.

Bagi para pengguna rumahan, teleworker (pekerja jarak jauh), dan kantor-kantor biasanya membutuhkan suatu koneksi ke Internet Service Provider (ISP) untuk mengakses Internet. Cara terkoneksinya pun bisa bervariasi antara ISP dan lokasi geografis pengguna. Namun, ada beberapa pilihan yang biasa dipakai seperti broadband cable, broadband digital subscriber line (DSL), wireless WAN, dan layanan seluler.


Adapun perusahaan biasanya membutuhkan akses ke situs-situs perusahaan lain dan juga Internet. Koneksi yang cepat tentu dibutuhkan agar bisa mensupport layanan bisnis termasuk penggunaan IP phone, konferensi video, dan penyimpanan data center.

Layanan Internet Kelas Bisnis (perusahaan) biasanya disediakan oleh Service Provider (SP). Layanan Kelas Bisnis populernya mencakup DSL bisnis, leased line, dan Metro Ethernet.

Untuk lebih detailnya bisa lihat penjelasan di bawah ini.



1. Home and Small Office Internet Connections



Gambar di atas menggambarkan mengenai macam koneksi bagi para pengguna kantoran dan rumahan :

  • Cable  -  Biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan televisi kabel, Sinyal data Internet dibawa melalui kabel yang sama dengan kabel yang digunakan untuk kabel televisi. Kabel tersebut menyediakan bandwidth yang besar, tahan lama, dan koneksi Internet tentunya.
  • DSL  -  Digital Subscriber Lines menyediakan bandwidth yang besar, tahan lama, dan juga koneksi Internet. DSL dijalankan melalui kabel telefon. Secara umum, para pengguna kantoran dan rumahan terkoneksi ke Asymmetrical DSL (ADSL) yang mana kecepatan downloadnya lebih cepat dari kecepatan uploadnya.
  • Cellular  -  Akses Internet seluler menggunakan jaringan ponsel untuk bisa konek. Dimanapun anda mendapat sinyal seluler, anda tentu bisa mendapatkan akses Internet seluler. Performanya akan dibatasi oleh kemampuan ponsel dan menara sinyal dimana keduanya saling terhubung.
  • Satellite  -  Adanya akses Internet satelit adalah keunggulan tersendiri bagi area yang sejatinya sulit atau tidak memiliki akses Internet sama sekali. Koneksi satelit memerlukan suatu garis pandang yang jelas ke satelit.
  • Dial-up Telephone  -  Pilihan yang terjangkau yang menggunakan banyak kabel telefon dan sebuah modem. Bandwidth yang kecil yang disediakan oleh koneksi dial-up modem biasanya tidak cukup untuk transfer data yang besar, meski demikian hal itu berguna untuk akses seluler ketika travelling.
Banyak rumah dan kantor sekarang lebih sering terkoneksi menggunakan kabel fiber optik. Ini membaut ISP bisa menyediakan kecepatan bandwidth yang lebih besar dan lebih mensupport layanan-layanan lain seperti Internet, telefon, dan TV.




2. Business Internet Connections



Pilihan koneksi di perusahaan berbeda dari pilihan koneksi pengguna rumahan. Perusahaan bisa membutuhkan bandwidth yang lebih besar, bandwidth yang terdedikasi, dan layanan yang termanajemen. Pilihan koneksi yang ada berbeda berdasarkan tipe Service Provider terdekat.

Gambar di atas menggambarkan pilihan koneksi yang biasa dipakai di perusahaan :

  • Dedicated Leased Line  -  Leased line sebetulnya adalah sirkuit yang disediakan di jaringan Service Provider yang terhubung secara geografis terpisah dari kantor untuk voice privat dan/atau data networking. Sirkuit tersebut biasanya disewa bulanan atau tahunan. Biasanya mahal.
  • Ethernet WAN  -  Ethernet WAN memperluas teknologi akses LAN ke WAN. Keuntungan Ethernet juga berarti sekarang sudah diperluas ke WAN.
  • DSL  -  DSL bisnis itu ada dalam format yang bervariasi. Yang populer ada Symmetric Digital Subscriber Lines (SDSL) yang mana mirip dengan versi konsumer dari DSL, tapi menyediakan upload dan download dalam kecepatan yang sama.
  • Satellite  -  Mirip dengan para pengguna kantoran dan rumahan, layanan satelit bisa menyediakan koneksi ketika tidak adanya kabel.






Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih.




Pelajaran sebelumnya.. The Internet, Intranet, and Extranet

Pelajaran berikutnya.. Converged Networks




source:www.netacad.com

0 Response to "Bagaimana kita bisa mengakses Internet?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel