-->

Apa bedanya Internet, Intranet, dan Extranet?


Konsep perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet.

Mungkin banyak dari kita yang kadang masih suka tertukar-tukar dalam penggunaan istilah-istilah tertentu tentang dunia teknologi informasi atau lebih tepatnya tentang jaringan. Dalam hal ini ternyata istilah Internet, Intranet, dan Extranet itu memiliki pengertian dan konsep masing-masing. Agar lebih jelasnya mari kita simak.



1. Internet

Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung satu sama lainnya ('Internetwork atau Internet' istilah pendeknya). Gambar tersebut menunjukkan suatu cara untuk melihat Internet sebagai kumpulan LAN dan WAN yang saling berhubungan. Beberapa contoh LAN satu sama lainnya melalui koneksi WAN. WAN kemudian terhubung satu sama lainnya pula. Garis koneksi WAN merah mewakili semua variasi cara kita menghubungkan jaringan. WAN dapat terhubung melalui kabel copper, kabel fiber optik, dan juga wireless.




Internet tidak dimiliki oleh individu atau kelompok manapun. Untuk memastikan komunikasi yang efektif di seluruh infrastruktur jaringan yang beraneka ragam ini membutuhkan penerapan teknologi dan standar yang konsisten dan umum diakui serta kerjasama dari banyak lembaga administrasi jaringan. Ada perusahaan yang telah dikembangkan untuk tujuan membantu dalam mempertahankan infrastruktur dan standarisasi IP dan proses-prosesnya. Perusahaan tersebut di antaranya ada Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), dan Internet Architecture Board (IAB), dan masih banyak lagi.



Note : Istilah internet (dengan huruf "i" kecil) digunakan untuk mendeskripsikan jaringan-jaringan yang saling terhubung. Namun ketika kita bermaksud pada sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan atau disebut juga World Wide Web, maka Istilah Internet (dengan huruf "i" kapital) yang digunakan.





2. Intranet & Extranet

Ada dua istilah lain yang mirip dengan istilah Internet yaitu ada Intranet dan Extranet.



Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk mengacu pada koneksi privat entah itu menggunakan LAN atau WAN yang dimiliki oleh suatu perusahaan, dan didesain sedemikian rupa agar hanya bisa diakses oleh para anggota dan anggota perusahaan tersebut, atau orang lain yang memiliki izin tertentu.


Suatu perusahaan bisa saja menggunakan extranet untuk menyediakan akses yang aman dan terjamin untuk orang-orang dari perusahaan lain, namun memerlukan akses ke data organisasi tersebut.




Contoh dari extranet termasuk :

  • Suatu perusahaan yang menyediakan akses ke para supplier dan kontraktor luar.
  • Suatu rumah sakit yang menyediakan sistem 'booking' ke para dokter sehingga mereka bisa membuat janjian untuk para pasiennya.
  • Sebuah kantor edukasi lokal yang menyediakan dana dan informasi personel ke sekolah-sekolah di daerah tersebut.





Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih.



Pelajaran sebelumnya.. Network Types

Pelajaran berikutnya.. Internet Access Technologies




source:www.netacad.com

0 Response to "Apa bedanya Internet, Intranet, dan Extranet?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel