-->

Belajar Membuat Hello World di Android Studio


1. Hal pertama atau langkah pertama untuk membuat "Hello World!" di android studio, jika anda belum punya android studio anda bisa download di sini android studio, setelah selesai download silahkan buka android studio dan jika sudah dibuka coba klik Start a new Android Studio Project seperti gambar di bawah ini.




2. Selanjutnya setelah klik Start a new Andriod Studio Project anda tinggal kasih nama project dengan nama yang anda inginkan atau bisa juga kasih nama Hellow World, company domain  "android.example.com" dan untuk penyimpanan project anda bisa pilih lokasi sesuai keinginan dan setelah selsai lalu klik next.



3. Selanjutnya setelah melewati configurasi project maka akan masuk pada bagian dimana anda akan menentukan minimal SDK atau OS android yang akan sangat berpengaruh pada aplikasi anda, di sini minimum OS yang akan saya gunakan yaitu android 4.0.3 (IceCreamSandwich)


4. Selanjutnya setelah melewati tahap yang ke 3 anda akan diberi pilihan tampilan, untuk latihan anda pilih Empty Activity lalu klik next




5. Selanjutnya setelah anda memilih tampilan maka akan masuk ke pengaturan xml, di sini biarkan saja dan langsung klik Finish.



6. Selanjutnya tunggu loading gradle android studio selsai untuk masuk kedalam activity.



7. Selanjutnya Setelah menunggu gradle maka anda langsung di tujukan kepada "activity main.xml" dan langsung terdapat tulisan "Hello World" pada tampilan layout.





8. Jika anda ingin melihat script atau ingin mengganti tulisan dan tata letak klik text di bagian bawah yang bersebelahan dengan design maka gambarnya akan seperti berikut.



ada beberapa bagian terpenting pada script xml yaitu:
android:layout_width= untuk menentukan lebar text
android:layout_height= untuk menentukan tinggi text

selain itu ada juga bagian terpenting lainnya seperti wrap_content dan match_parent.
wrap_content adala sebuah script dengan komponen yang menyesuaikan besar ukuran sesuai dari text/gambar
match_parent adalah sebuah script yang mengisi penuh sesuai dengan lebar/tinggi layar

9. Selanjutnya untuk mengecek berhasil atau tidak, anda bisa menggunakan cara klik Build kemudian klik Build apk atau langsung run lewat Android Studio, jika sudah build apk maka akan keluar notifikasi bahwa apk sudah selsai di buat, klik notifikasi dan copy file apk ke hp lalu diinstall, atau juga bis digeser atau didrag ke nox, setelah terinstall app yang di buat maka akan keluar tampilan seperti pada gambar berikut



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 Response to "Belajar Membuat Hello World di Android Studio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel