-->

Apa pentingnya ilmu jaringan komputer pada hidup kita?



Pengenalan tentang pentingnya jaringan dalam kehidupan kita.

Selamat Datang

Selamat datang di hari yang baru. Cara yang baru untuk menyelesaikan sesuatu.

Selamat datang di tempat dimana peta-peta bisa dibuat ulang. Sebuah tempat dimana orang-orang tidak hanya berlangganan ke majalah, artikel, ataupun koran, tapi tempat dimana kita bisa juga berlangganan ke orang pula.

Selamat datang di tempat dimana buku bisa ditulis ulang dengan mudah. Dimana kita tinggal men-drag & drop orang-orang dimanapun ia ingin pergi. Dan juga telepon yang tidak hanya berfungsi untuk menelepon, tetapi juga untuk belajar, membeli tiket, atau menonton film.

Selamat datang di tempat dimana suatu kejadian bisa dicapture, direcapture, lagi dan lagi. Dimana video-video bisa diakses dimanapun itu dalam satu waktu. Dimana ilmu pengetahuan terbentang di seluruh penjuru dunia.

Selamat datang di Human Network.



Overview

Apakah teman-teman pernah membayangkan jika dunia saat ini tidak ada internet seperti Facebook, Youtube, Google, dan lain sebagainya? Maka betapa sulitnya kita untuk berkomunikasi kepada dunia luar, sulit juga untuk mencari referensi pembelajaran, pekerjaan, bermain, dll bahkan kita juga ketinggalan update tidak mengetahui teknologi atau informasi terkini. Tetapi saat ada Internet muncul semua perubahan di dunia ini bisa sangat "signifikan".

Saat ini kita tidak akan kesusahan untuk berinteraksi ke orang lain dengan orang di dekat kita maupun orang lain yang jauh atau mungkin beda negara dengan kita, saat ini dengan adanya jaringan membuat kita mudah dalam berinteraksi dengan orang luar tidka perlu berhadapan langsung bisa saja asalkan ada koneksi, kita dapat berinteraksi kapanpun dan dimanapun kita berada mau mulai besok atau sekarang juga jaringan itu tidak memiliki batas dan membantu kita dalam :

-Belajar

Dengan adanya Internet setiap orang tidak harus selalu belajar di sekolah saja, tetapi bisa juga belajar dimanapun dan kapanpun selagi bisa terhubung ke Internet, bahkan bukan hanya pelajar saja yang bisa merasakan kemudahan itu, untuk para pengajar, mentor, atau trainer pun bisa juga melaksanakan pengajaran ketika berada di luar sekolah dengan menyampaikannya secara "Online" sehingga siswa tidak kecewa dikarenakan ketinggalan materi pada saat itu.


-Berkomunikasi

Internet juga telah memperluas cara kita dalam berkomunikasi satu sama lain dengan cepat & instan  ke seluruh penjuru dunia dan tidak harus berinteraksi secara langsung. Bisa dengan voice call, chatting, atau video call contoh kecilnya. Adapun tipe-tipe berkomunikasi  secara umum diantaranya:

  • Texting  -  memungkinkan komunikasi secara real-time antara dua orang atau lebih, contohnya seperti Short Message Service (SMS).
  • Media Sosial   -   terdiri dari situs web interaktif tempat orang dan komunitas yang bisa berbagi konten buatan pengguna itu sendiri bisa kepada teman, keluarga, rekan kerja, dan lainnya, contohnya seperti Facebook, Twitter, Line, dll.
  • Collaboration Tool   -   tanpa mengenal batasan tempat dan zona berkomunikasi melalui video interaktif real-time, contohnya fitur Video Call.
  • Blog    -    kependekan dari Web Blog adalah halaman web yang mudah dibuat, edit, dan update.
  • Wiki    -    adalah halaman web yang dapat diedit oleh orang-orang secara umum, berbeda dengan blog itu lebih individual. Biasanya wiki ini digunakan sebagai alat untuk berkolaborasi internal.
  • Podcasting    -    memungkinkan orang untuk memberikan rekaman audio mereka ke dunia luar melalui situs web.
  • Peer-to-Peer file sharing  -  yaitu berbagi file satu sama lain tanpa harus menyimpan dan mendownload file di server terpusat.



-Bekerja

Di dunia bisnis biasanya jaringan data pada awalnya hanya digunakan untuk mencatat dan mengelola informasi keuangan, informasi pelanggan, dan sistem penggajian karyawan. Nah untuk saat ini jaringan bisnis berevolusi dan digunakan untuk mentransmisikan berbagai jenis layanan, seperti email, video, pesan, dan telefon.




-Bermain

Game-game online multiplayer yang biasa kita mainkan saat ini tentu menggunakan jaringan agar bisa saling bermain secara luas dan mencakup banyak pemain. Contohnya DoTA, Point Blank, Mobile Legends, CSGO, dll.



Jadi, jaringan itu penting banget temen-temen apapun yang kita lakukan pada zaman ini udah seperti ngga terlepas dari yang namanya jaringan ternyata maupun sadar ataupun secara tidak sadar..


Sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat.
Terimakasih.




Pelajaran berikutnya.. Network Sizes


source:www.netacad.com

0 Response to "Apa pentingnya ilmu jaringan komputer pada hidup kita?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel